May 25, 2008

GENTENG SOKKA KEBUMEN

Genteng sokka merupakan sebuah trade mark untuk genteng berkualitas yang diproduksi di daerah sokka di kabupaten Kebumen, propinsi Jawa Tengah. Kualitas genteng sokka kebumen yang baik itu menyebabkan permintaannya tidak hanya datang dari wilayah sekitar Kebumen saja, tapi sudah sampai keseluruh pulau Jawa, bahkan sampai luar pulau Jawa. Nama genteng sokka sendiri diambil dari nama daerah sentra industri genteng itu sendiri yang berpusat di daerah Sokka.

Genteng sokka kebumen diproduksi oleh para perajin genteng yang tergolong dalam industri/usaha kecil dan menengah (UKM). Para perajin genteng sokka jumlahnya cukup banyak, dari yang hanya mempunyai dua pabrik sampai mereka yang mempunyai lebih dari sepuluh pabrik. Antar perajin mempunyai merk yang berbeda, kecuali perajin yang yang memiliki hubungan saudara biasanya mereka mempunyai merk yang sama (usaha warisan dari orang tua). Merk tersebut biasanya berupa inisial nama dari pemilik disamping merk sokka kebumen sebagai merk umum.

Jenis genteng yang diproduksi yaitu morando, milano, perdana magase, mantili, plentong bulat atau papak, dan kodok. Genteng kerpus yang diproduksi yaitu kerpus lancip, kerpus papak, dan kerpus bulat. Genteng tersebut ada yang diproduksi natural dan ada yang berglazur (berkeramik).

Kualitas genteng dibagi menjadi tiga yaitu kualitas 1 (KW1), kualitas 2 (KW2), dan doreng. Dalam proses pembakaran, genteng KW1 biasanya dihasilkan dari genteng yang ada di posisi tengah, KW2 dari posisi atas dan pinggir, sedangkan doreng dari posisi bawah. Sebagai dasaran digunakan batu bata. Untuk genteng berglazur diambil dari genteng KW2 kemudian diglazur dan dilakukan proses pembakaran lagi.

Warna dari genteng natural KW1 biasanya merah kekuning-kuningan, KW2 merah agak pudar dan untuk doreng berwarna merah tua dan ada kehitaman tapi tidak merata. Tapi warnanya tidak selalu seperti itu karena banyak faktor yang berpengaruh pada saat proses pembakaran.

Hal terpenting dari semua itu yaitu bahwa genteng yang berkualitas adalah genteng yang kuat, dapat dipasang dengan rapi, dan tidak bocor saat terjadi hujan. Penggunaan genteng sokka kebumen membuat rumah tidak terasa panas tetapi tetap dingin karena tebal dan terbuat dari tanah, dan udara di bawah genteng dapat bersirkulasi dengan baik.